Ponorogo, 19 Oktober 2023 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) menggelar acara penting bertajuk “Sosialisasi Kelompok Riset” di Ruang Meeting LPPM. Acara ini diawali oleh sambutan dari Ketua LPPM, Rizal Arifin, M.Si, Ph.D., yang menandai langkah strategis untuk memperkenalkan dan memperluas pemahaman mengenai kelompok riset di Fakultas Teknik UMPO.

Pada kesempatan ini, dua pemateri utama dari kelompok riset berkompeten telah memberikan pemaparan yang mendalam. Dr. Sugeng Mashudi, M.Kes., Kadivisi Pengabdian dan Inovasi, membagikan wawasan mengenai inovasi dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi fokus kelompok riset. Sementara itu, Ida Widaningrum, M.Kom., Kadivisi Penelitian, membahas strategi dan perkembangan penelitian yang dilakukan oleh kelompok riset tersebut.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di lingkup Fakultas Teknik UMPO, termasuk Dekan Fakultas Teknik, Edi Kurniawan, M.T., Kapordi Elektro, Didik Riyanto, M.Kom., dan perwakilan dari Program Studi Teknik Mesin, Wawan Trisnadi, Ph.D., serta Prodi Teknik Informatika, Ismail Abdurrozzaq Zulkarnain, M.Kom.

Ketua LPPM, Rizal Arifin, M.Si, Ph.D., menegaskan bahwa kegiatan ini adalah langkah strategis dalam mendorong peningkatan kualitas riset dan pengabdian kepada masyarakat di Fakultas Teknik UMPO. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, anggota fakultas, mahasiswa, dan seluruh pihak terkait dapat lebih memahami peran dan kontribusi kelompok riset dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Teknik, Edi Kurniawan, M.T., mengapresiasi inisiatif dari LPPM UMPO dalam menggelar acara ini. “Kolaborasi antara LPPM dan Fakultas Teknik sangat penting dalam mengakselerasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kami berkomitmen untuk mendukung kelompok riset dalam mencapai tujuan bersama,” kata Edi Kurniawan.

Pewakilan dari Program Studi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Informatika juga memberikan respon positif terhadap sosialisasi ini. Mereka berharap bahwa kolaborasi yang lebih erat dengan kelompok riset dapat memperkaya pengalaman akademik dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan suksesnya acara sosialisasi kelompok riset ini, diharapkan akan muncul sinergi yang lebih kuat antara Fakultas Teknik UMPO dan LPPM dalam mendukung riset dan pengabdian kepada masyarakat. Ini adalah langkah strategis dalam menjadikan Fakultas Teknik UMPO sebagai pusat inovasi dan penelitian yang unggul.

Redaksi : Dimas LPPM