Ponorogo, 18 Oktober 2023 – Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) mengadakan acara Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memastikan pengabdian kepada masyarakat di UMPO mencapai standar kualitas yang tinggi dan memberikan manfaat maksimal yang dapat dirasakan ole mitra secara langsung.

Kegiatan Monev ini dipimpin oleh Ketua Tim Pengabdian, Dr. Wawan Kusnawan, M.Pd.I, yang memiliki pengalaman luas dalam bidang pendidikan. Dr. Wawan Kusnawan, M.Pd.I adalah satu-satunya tim yang dimonev dalam acara ini, menunjukkan betapa pentingnya pengabdian yang dilakukan oleh timnya di Desa Kesugihan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.

Acara Monev ini dilaksanakan di Ruang Meeting Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMPO. Pada Selasa, 18 Oktober 2023, para peserta berkumpul untuk menyampaikan hasil dan luaran dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan.

Proses Monev ini juga melibatkan Reviewer Internal dari UMPO, Dr. Bambang Widiyahseno, M.Si., yang memainkan peran penting dalam menilai keberhasilan dan dampak positif dari kegiatan pengabdian tersebut. Pak Bambang memberikan catatan bahwa kegiatan dan luaran yang dievaluasi telah sesuai dengan bukti yang disampaikan, yang menandakan keberhasilan tim pengabdian UMPO dalam mencapai tujuan mereka.

Ketua LPPM UMPO, Rizal Arifin, M.Si. Ph.D., mengungkapkan kebanggaannya atas hasil Monev yang berjalan dengan sukses. Ia menekankan pentingnya pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Acara ini juga menjadi ajang untuk memotivasi universitas lain untuk melaksanakan kegiatan pengabdian yang serupa.

Acara Monev ini mencerminkan komitmen UMPO dalam terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Universitas ini telah menunjukkan peran aktif dalam memberikan kontribusi positif pada masyarakat, dan acara Monev ini menjadi bukti nyata dari upaya tersebut.

Semoga hasil dari Monev ini dapat menjadikan implementasi kegiatan pengabdian dilapangan yang berkualitas dan bermanfaat khususnya buat tim Dr. Wawan Kusnawan, M.Pd.I.

Redaksi : Dimas LPPM