Penyerahan Sertifikat Halal UMKM Binaan UMPO melalui program KKN

Dalam rangka memberikan kenyamanan, keamanan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang bekerja sama dengan Halal Center Cendikia Muslim (HCCM) Kabupaten Ponorogo menyerahkan sertifikat halal kepada 26 pelaku usaha (5 diantaranya diberikan secara simbolis). Penyerahan sertifikat halal kepada pelaku usaha dilakukan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo, disaksikan oleh pimpinan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, pemilik UMKM dan Pak Halim dari Halal Center Cendikia Muslim Kabupaten Ponorogo yang berlangsung di Ruang Meeting lantai 2 Gedung Rektorat UMPO, Rabu (17/5).

Dr. Happy Susanto, M.A (Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo) berharap dengan adanya penyerahan sertifikat halal kepada 26 UMKM di Kabupaten Ponorogo ini dapat dijadikan kolaborasi positif antara perguruan tinggi dengan UMKM yang ada di Kabupaten Ponorogo. Hasil akhirnya Produk UMKM diharapkan bisa naik kelas. Pak Rektor juga mengharapkan Kerjasama Kembali dengan Halal Center Cendikia Muslim (HCCM) Kabupaten Ponorogo di masa yang akan datang berkaitan dengan program serupa.

UMKM yang mendapatkan sertifikat tersebut merupakan UMKM pendampingan dari mahasiswa/i yang melakukan kegiatan KKN yang tersebar di wilayah Kabupaten Ponorogo. Sertifikasi halal bagi produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha sangat penting, karena dengan bersertifikat halal maka diharapkan tujuan penyelenggaraan jaminan produk halal dapat terwujud dengan baik, sehingga sertifikasi halal juga berimplikasi pada peningkatan kualitas dan daya saing produk halal yang dihasilkan oleh pelaku usaha.

“Diharapkan dari kegiatan yang dilaksanakan ini dapat membantu para UMKM mengangkat produknya naik kelas dengan diterbitkannya Sertifikat Halal. Ditambah dengan adanya program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) 2023, diharapkan para UMKM dapat terbantu. Sehingga pada hari ini (17/5/2023) dapat dijadikan momen bagus bagi 26 pelaku usaha dari 15 desa tersebut  mendapatkan SH yang selama ini telah didamping oleh mahasiswa/i KKN Universitas Muhammadiyah Ponorogo.” Ujar Halim, selaku tim HCCM Kabupaten Ponorogo.

Redaksi :

1. Dimas Rega / LPPM UMPO

2. Hanifa / LPPM UMPO

Penyerahan Sertifikat Halal UMKM Binaan UMPO melalui program KKN
Kembali ke Atas