Profile

Latar Belakang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) merupakan penggabungan dari dua lembaga, yaitu Lembaga Penelitian dan Studi Kawasan (LPSK) dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) dengan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo nomor: UM/SKKP/221/2001 , tanggal 18 Agustus 2001. Penggabungan tersebut diharapkan akan dapat mewujudkan Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai “Kampus Unggulan” yang kredibel dan berkualitas sehingga mampu melakukan Pemberdayaan (Empowerment) dan mampu menciptakan Jaringan Kerja (Networking) antar semua pihak baik intern maupun ekstern.
TUJUAN POKOK DAN FUNGSI
Adapun tujuan pokok dan fungsi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai berikut:

  1. Sebagai unsur pelaksana tugas pokok Universitas Muhammadiyah Ponorogo di bidang penelitian dan pengembangan yang bertanggung jawab langsung kepada rektor.
  2. Merencanakan, mengorganisir, mengkoordinasikan dan mengevaluasi kegiatan penelitian di  Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk mewujudkan budaya riset.
  3. Melakukan penelitian ilmiah dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya baik penelitian murni maupun terapan untuk menunjang kebutuhan pembangunan pada umumnya dan secara khusus dalam mewujudkan lembaga penelitian mandiri .
  4. Melakukan riset-riset inovatif dalam memperkuat hilirisasi, industrialisasi dan penguatan energi terbarukan untuk mendukung pembangunan nasional;
  5. Melakukan jejaring kerjasama penelitian dan pengembangan ilmu dengan lembaga, badan, dinas/instansi, perusahaan swasta, atau perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri untuk mendukung terwujudnya leading university dalam pengembangan inovasi.
  6. Melakukan penyebarluasan hasil penelitian melalui desiminasi, inkubasi, penerbitan buku hasil riset, seminar dan forum pertemuan ilmiah lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional;
  7. Mengkoordinasikan perencanaan program dan pemanfaatan fasilitas, tenaga ahli dan sumberdaya penelitian di lingkungan Universitas Muhammadiyah Ponorogo guna mewujudkan Lembaga penelitian mandiri.
  8. Menghasilkan Karya Penelitian yang berkualitas dalam bidang Ipteks berdasarkan nilai-nilai Islami,
  9. Menghasilkan karya Pengabdian kepada Masyarakat yang berkualitas dalam bidang Ipteks berdasarkan Nilai-nilai Islami